Rabu, 27 Juli 2016

Kata Pengantar Takmir Masjid ArRahman Krapyak Wetan Sewon Bantul


Kampung Krapyak Wetan terletak di perbatasan dua daerah yaitu Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Sebelah utara Kecamatan Mantrijeron, kota Yogyakarta, sebelah barat Pabrik Tekstil dan sehelah timur Parangtritis, sebelah selatan ring road selatan. Dilihat secara global/sosial, kampung ini padat penduduknya, sebagian besar berstatus mukim (tetap/asli) dan sebagian lagi tidak tetapi pendatang/pelajar/mahasiswa (kontrak/kos). Mayoritas penduduknya adalah ekonomi bawah dan menengah pendidikan mayoritas sampai Sekolah Dasar (SD), dengan mata pencaharian buruh serta mayoritas penduduknya muslim. 

 








Lokasi tanah wakaf yaitu milik Bapak Abdul Rahman dengan luas 77 m2 yang sudah diwakafkan 10 tahun lebih yang hingga kini diwujudkan sebuah bangunan yang lebih baik, yaitu sebuah masjid.
Pembangunan masjid Ar Rahman ini pada dasarnya memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni semata-mata untuk mencari ridho Allah SWT. Namun lebih terperincinya pembangunan masjid ini adalah sebagai berikut:
  1. Membangun media sarana ibadah umat Islam
  1. Sarana Syi'ar agama Islam
  1. Meningkatkan prestasi ibadah, ukhuwah islamiah dan silaturohmi
  1. Pembentukan generasi bangsa islami yang qurani, cerdas, terampil. bertanggung jawab dan berakhlak mulia
  1. Media membangun kesadaran publik/kolektif demi tercapainya perjuangan hidup dan kehidupan mulia
  1. Sarana mewujudkan kehidupan masyarakat yang sholeh, sejahtera dan diridhoi Allah SWT
  1. Media meminimalisir terhadap herbagai masalah sosial kemasyarakatan yang muncul akibat dari gejolak-gejolak sosial dimasyarakat. 

Bantul, 27 Juli 2016
Takmir,

Drs. Agus Yurianta